top of page
tunasdigital2

Heater Pada AC Mobil, Apa Pentingnya?


Heater pada AC mobil berfungsi sebagai pemanas yang biasa digunakan pada negara dengan iklim dingin. Sehingga fitur dinilai tidak terlalu penting untuk penggunaan di Indonesia, namun sebenarnuya apa aja sih fungsi lain dari heater itu?

Pemanas menjadi salah satu fitur pada AC mobil yang sangat umum dijumpai. Namun, fitur pemanas ini sangat jarang digunakan di negara tropis seperti Indonesia karena kebutuhan akan pendingin ruangan lebih dominan daripada pemanas. Beberapa produsen mobil di Indonesia bahkan menghapus fitur pemanas ini untuk menurunkan harga jual. Oleh karena itu, tidak semua mobil dilengkapi dengan fitur pemanas, kecuali mobil kelas menengah ke atas atau impor langsung dari luar negeri. Meskipun begitu, bukan berarti fitur pemanas di AC mobil ini tidak ada gunanya sama sekali. Mari kita pahami kegunaan dari fitur yang satu ini Sahabat!


Sesuai dengan namanya, heater merupakan pemanas yang terdapat pada sistem AC untuk memanaskan udara yang terdapat di sekitarnya. Penempatan heater biasanya terletak di antara unit pendingin dan sistem saluran udara atau jalur ventilasi. Ini berarti udara yang dikeluarkan oleh AC harus melewati pemanas terlebih dahulu sebelum mencapai ruangan.


Pemanas pada sistem AC biasa menggunakan sumber panas dari mesin kendaraan atau listrik, tergantung pada jenis sistemnya. Contohnya pemanas di mobil memanfaatkan panas dari mesin untuk menghangatkan udara di dalam kabin, terutama saat musim dingin, dan membantu mengontrol kelembapan serta memperbaiki kualitas udara. Perawatan yang baik diperlukan agar pemanas AC tetap efisien dan berfungsi optimal.

Sahabat, itulah tadi penjelasan mengenai heater pada sistem AC mobil. Semoga dapat menambah wawasan pengetahuan.




Follow Tunas Daihatsu Official Socials:


Instagram: @tunas.daihatsu


99 views0 comments

Comentários


bottom of page